You are currently viewing Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021 di Indonesia

Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021 di Indonesia

Berbagai persiapan dilakukan Indonesia yang akan menjadi salah satu tuan rumah ajang balap motor bergengsi, MotoGP 2021. Salah satunya dengan pembangunan sirkuit berkelas internasional di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok. Video 3D desain Sirkuit Mandalika pun telah dirilis MotoGP dalam akun sosial media resminya.

Setelah penantian panjang, Indonesia akhirnya dipastikan akan turut serta menggelar balap motor paling bergengsi, yakni MotoGP pada tahun 2021. Hal tersebut dapat dipastikan setelah beberapa waktu lalu, pihak promotor MotoGP, Dorna, mengungmumkan secara resmi bahwa salah satu seri balapan MotoGP akan digelar di Mandalika, kawasan pariwisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Nantinya, sirkuit ini akan mempertandingkan para Juara Dunia balap motor.

Sebelum terpilih, Sirkuit Mandalika ini ternyata bersaing dengan kandidat lain seperti Sirkuit Sentul, Bogor dan Sirkuit Jakabaring, Palembang. Lalu mengapa sirkuit Mandalika yang dipilih? CEO Dorna, Camelo Azpelata, mengutarakan alasannya bahwa peminat MotoGP di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Hal tersebut dirasa penting bagi industri MotoGP itu sendiri. 

Mandalika kemudian sengaja dipilih untuk dibangun sirkuit, karena daerah tersebut telah dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2017. Pembangunan sirkuit di Mandalika pun diharapkan bisa memulihkan kembali daya tarik wisata Lombok yang sempat padam karena pernah diguncang gempa pada tahun 2018 lalu.

Sehingga, pagelaran MotoGP di daerah eksotik ini diharapkan dapat mendompleng kembali sektor pariwisata Indonesia, terutama daerah NTB. Terlebih lagi MotoGP Indonesia akan terasa semakin spesial. Pasalnya, Sirkuit Mandalika akan mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang digelar di Monako dan Singapura.

Jadi, jika biasanya sirkuit lain akan kosong setelah balapan berakhir, Sirkuit Mandalika malah akan tetap beroperasi sebagai jalan umum yang dilalui oleh kendaraan. Tentu jalan ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena setiap fans MotoGP pasti ingin melewati jalan yang pernah dilintasi pebalap favorit mereka.

Sirkuit Mandalika akan memiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan dan hanya satu lintasan lurus. Untuk sarana penunjang, Sirkut Mandalika akan dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk operasional tim-tim peserta dan memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk bagi penonton. Selain itu, ada pula 138.700 area tanpa tempat duduk, dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton. Para penonton MotoGP di sirkuit ini pun akan dimanja oleh pemandangan laut lepas.

Saat ini Sirkuit Mandalika tengah dalam pembangunan dan ditargetkan rampung pada Juni 2020 mendatang. Pihak Dorna pun telah memperkenalkan sirkuit Mandalika melalui akun sosial media resminya dengan format Video 3D. Sebagai pendukung, di kawasan ini juga telah dibangun hotel dan beberapa fasilitas lain sebagai jaminan kenyamanan dan keamanan wisatawan yang akan berkunjung saat perhelatan MototGP berlangsung.

Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika juga telah disepakati untuk menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK), dan diproyeksikan agar bisa digunakan untuk ajang Formula 1. Sebagai napak tilas, Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah MotoGP pada 1997 atau 22 tahun silam di Sirkuit Sentul. Ketika itu, kelas MotoGP masih berformat 500cc. Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, tampil sebagai pemenang kelas 125 cc, Max Biaggi memenangi kelas 250cc, sedangkan kelas tertinggi dimenangi Tadayuki Okada asal Jepang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.